Realisme Grafik Komputer Pada Game Life Is Strange
Di era teknologi yang semakin pesat ini, perkembangan game pc semakin meningkat. Selain dengan jalan cerita yang menarik, kita pun disuguhkan dengan kualitas gambar dan grafik yang menarik.
Hal itu tidak luput dari materi Realisme Grafik komputer yang akan kelompok kami bahas.
Apa itu Realisme Grafik Komputer??
Realisme berarti kenyataan atau nyata. Berusaha mendekati "Photorealism", yang berarti secara akurat menampilkan hasil seperti aslinyaRealisme pada grafik komputer ini bertujuan untuk menampilkan hasil/bentuk nyata yang didapat dari suatu gambar animasi yang telah dibuat yang terkait dengan waktu
Life Is Strange
Kelompok kami akan membahas perkembangan realisme grafik komputer pada game pc, yaitu Life Is Strange.Life is Strange adalah game bergenre interactive story yang menceritakan petualangan gadis bernama Max Caulfield, ia adalah seorang murid kelas fotografi di Blackwell Academy. Max Caulfield, terbangun dari mimpinya saat ia melihat angin topan raksasa akan menghancurkan kotanya, dan ia lalu menemukan bahwa ia memiliki kekuataan saat mencoba menyelamatkan Chloe Price, temannya yang hampir terbunuh. Max memiliki kekuatan dapat memutar waktu.
Cerita berlanjut pada petualangan Max dalam menyelidiki hilangnya temannya, Rachel Amber. Ya, kekuatannya mampu mengubah mempermainkan takdir, opsi yang dipilih akan menimbulkan konsekuensi dan mempengaruhi jalan cerita.
SOFTWARE
- Unreal Engine 3 dan 4
- Bink Video
- ScaleForm GFx
- Dolby Digital
- Wwise
Wwise Spatial Audio
adalah rangkaian fitur audio spasial built-in yang dilengkapi oleh plug-in
internal pihak ke-3 yang berintegrasi mulus dengan alur kerja produksi Wwise.
Wwise Spatial Audio berspesialisasi dalam perambatan suara, akustik virtual,
dan rendering audio yang diinformasikan secara spasial. Sebagai bidang
penelitian berkelanjutan di Audiokinetic, banyak fitur audio spasial baru,
plug-in, dan partnership dapat diharapkan di tahun-tahun mendatang.
- Maya
Maya merupakan software animasi
3D komputer dengan model, rendering, simulation, texturing, dan animasi tools
yang efektif banyak digunakan untuk artists, modelers, and animators.
HARDWARE
Selain beberapa teknik tersebut, ternyata game ini juga menggunakan teknologi Motion Capture yang digunakan untuk merekam gerakan-gerakan nyata (misalnya gerakan manusia) untuk kemudian diaplikasikan ke media digital (objek 3D buatan).
Motion capture pada game ini direalisasikan oleh sebuah perusahaan Prancis yang bernama Mocaplab. Seluruh proses pengerjaannya hanya memakan waktu empat hari, setara dengan pembuatan fitur film.
Motion capture pada game ini digunakan untuk membantu menjiwai dua karakter utama yaitu Max Caulfield dan Chloe Price.
Tidak hanya itu, perusahaan Mocaplab ini pun menggunakan sistem kamera Vicon T160 yang luar biasa, resolusi 16 juta piksel dan hingga 2000 fps, yang akurasinya cukup kuat untuk masuk ke detail terkecil atau bidang yang lebih luas.
Teknik Motion Capture
TEKNOLOGI
- Teknologi Depth of field
adalah jarak antara objek terdekat dan terjauh yang berada dalam fokus tajam yang dapat diterima dalam suatu gambar. Kedalaman bidang ditentukan oleh panjang fokus, jarak ke subjek, lingkaran ukuran kebingungan yang dapat diterima, dan bukaan. Kedalaman bidang tertentu dapat dipilih untuk tujuan teknis atau artistik.
Beberapa metode pasca-pemrosesan memungkinkan kedalaman bidang yang diperluas tidak mungkin dilakukan dengan teknik tradisional sehingga digunakan teknologi ini.
- Visual Efek Lainnya
Post Processing adalah proses mengedit foto/video setelah foto/video di ambil untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam hasil foto/video atau untuk membuat hasil foto/video terlihat lebih maksimal.
Di 3D Rendering, Post Processing digunakan untuk menambah efek tertentu ke sebuah Scene yang telah di render oleh VGA (GPU) sebelum di tampilkan ke monitor.
Double exposure adalah superimposisi dari dua atau lebih eksposur untuk membuat sebuah gambar, dan double exposure memiliki makna yang sesuai sehubungan dengan dua gambar.
Screen space particles adalah teknik dalam fisika game, grafik gerak, dan grafik komputer yang menggunakan sejumlah besar “sprite” yang sangat kecil, model 3D, atau objek grafik lainnya untuk mensimulasikan jenis fenomena "fuzzy" tertentu
Untuk lebih mendapatkan kesan yang realistis, tekstur yang digunakan pada game Life Is Strange seluruhnya dilukis dengan tangan, hal tersebut diadaptasi untuk mencapai apa yang seorang art director bernama Michel Koch disebut “Impressionistic Rendering”.
Untuk pencahayaan, menggunakan teknologi high-dynamic-range rendering yang merupakan render untuk adegan pada grafik komputer dengan menggunakan perhitungan pencahayaan dengan membedakan area yang gelap dan terang dengan kecepatan dan akurasi yang tinggi.
Life is Strange menggunakan teknologi ini untuk menciptakan adegan yang lebih realistis daripada dengan model pencahayaan yang lebih sederhana.
Dari beberapa elemen yang lain, presentasi tata cahayanya lah yang pantas untuk diacungi jempol. Memang game ini belum masuk ke dalam standar game-game generasi terbaru saat ini, namun Anda akan menemukan sebuah pengalaman visual yang cukup memanjakan mata.
Dengan pencahayaan yang baik, kita seakan-akan ikut merasakan kehangatan dan emosi dari cerita tersebut. Sehingga animasi akan terlihat lebih nyata. Setting Universitas Blackwell hadir dengan permainan warna kontras yang begitu cerah, dengan tekstur ala lukisan yang cukup menawan.
Untuk lebih mendapatkan kesan yang realistis, tekstur yang digunakan pada game Life Is Strange seluruhnya dilukis dengan tangan, hal tersebut diadaptasi untuk mencapai apa yang seorang art director bernama Michel Koch disebut “Impressionistic Rendering”.
- Teknologi Pencahayaan
Untuk pencahayaan, menggunakan teknologi high-dynamic-range rendering yang merupakan render untuk adegan pada grafik komputer dengan menggunakan perhitungan pencahayaan dengan membedakan area yang gelap dan terang dengan kecepatan dan akurasi yang tinggi.
Life is Strange menggunakan teknologi ini untuk menciptakan adegan yang lebih realistis daripada dengan model pencahayaan yang lebih sederhana.
Dari beberapa elemen yang lain, presentasi tata cahayanya lah yang pantas untuk diacungi jempol. Memang game ini belum masuk ke dalam standar game-game generasi terbaru saat ini, namun Anda akan menemukan sebuah pengalaman visual yang cukup memanjakan mata.
Dengan pencahayaan yang baik, kita seakan-akan ikut merasakan kehangatan dan emosi dari cerita tersebut. Sehingga animasi akan terlihat lebih nyata. Setting Universitas Blackwell hadir dengan permainan warna kontras yang begitu cerah, dengan tekstur ala lukisan yang cukup menawan.
![]() |
kualitas tata cahaya yang bagus untuk sebuah interactive story |
![]() |
setting universitas blackwell |
KESIMPULAN
Untuk urusan visual, Life is Strange hadir dengan standar yang cukup memanjakan mata. Detail wajah karakter, setidaknya untuk Max dan Chloe terlihat cukup detail. Cukup untuk memproyeksikan detail emosi yang ada di setiap percakapan, walaupun harus diakui, gerak bibirnya ketika berbicara sendiri tidak sempurna. Max dan Chloe terlihat cukup ekspresif.
Anggota :
- Ayi Imani - 51416229
- Dea Chintia Putri - 51416740
- Fathiyah Hilyah Amany - 52416990
- Rahmaditha Prabandari - 55416990
Referensi :
http://jagatplay.com/2015/02/pc-2/review-life-is-strange-mencoba-tampil-beda/
http://www.mocaplab.com/projects/dont-nod-life-is-strange/
https://life-is-strange.fandom.com/wiki/Motion_Capture
https://en.wikipedia.org/wiki/Life_Is_Strange#Development
https://en.wikipedia.org/wiki/High-dynamic-range_rendering
https://en.wikipedia.org/wiki/Depth_of_field
https://en.wikipedia.org/wiki/Image_editing
https://en.wikipedia.org/wiki/Multiple_exposure
https://en.wikipedia.org/wiki/Particle_system
https://www.youtube.com/watch?v=8zHOE27v8pw
https://en.wikipedia.org/wiki/Multiple_exposure
https://en.wikipedia.org/wiki/Particle_system
https://www.youtube.com/watch?v=8zHOE27v8pw
Komentar
Posting Komentar